- Base Class yang digunakan adalah Stream. Turunannya : FileStream, MemoryStream, CryptoStream, NetworkStream, dan GZipStream.
- Properties Stream : CanRead, CanSeek, CanTimeOut, CanWrite, Length, Position, ReadTimeOut, dan WriteTimeOut.
- Method Stream : Close, Flush (Clears buffers dan memaksa menulis perubahan ke stream), Read(sequential read, use looping), ReadByte, Seek (set posisi dalam stream), SetLength, Write, WriteByte.
- Class – class : File(shared prop/method), Directory(shared prop/method), FileStream, StreamReader, StreamWriter, StringReader/StringWriter, BinaryReader/BinaryWriter (read/write ke .bin), MemoryStream (read/write stream ke memory), BufferedStream (use it if write using stream doesn’t perform well).
- Enum yang digunakan :
- FileAccess : Read, Write [File dibuka hanya utk ditulis], ReadWrite [Full Access]
- FileMode :
- Append [Membuka dan posisikan pointer di akhir file. Hanya dapat digunakan jika FileAccess.Write],
- Create [Buat File baru. Jika exist di-overwrite],
- CreateNew [Jika exist ada thrown Exception],
- Open [Jika file tidak ada, thrown Exception],
- OpenOrCreate [Jika file tdk ada, buat baru],
- Truncate [Membuka file sekaligus mengosongkannya])
- Cara membaca file :
Atau bisa juga baca per baris menggunakan ReadLine(). Gunakan looping While Not rdr.EndOfStream
Menggunakan StringReader
- Cara menulis ke file :
Atau singkatnya jika ingin menulis string ke file yang baru menggunakan shared method dari class File :
Menggunakan StringWriter . Lebih efisien jika ingin membuat file string berukuran besar.
- Menggunakan MemoryStream. Pertama tulis dulu di MemoryStream. Kemudian di-Flush. Baru tulis ke file using FileStream.
- Menggunakan BufferedStream . Pertama buat objek shared FileStream. Lalu buat instance BufferedStream dengan menyertakan FileStream. Buat instance StreamWriter untuk menulis ke objek BufferedStream.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar